Kamis, 14 Mei 2015

ANALISIS PEMASARAN PADA PT XYZ

TUGAS PEMERIKSAAN AKUNTANSI 2
OLEH : MUHAMMAD TAMSIL F
             ORIVONA TALO
3EB14

ANALISIS PEMASARAN PADA PT XYZ

BAB I

INFORMASI LATAR BELAKANG

PT.XYZ adalah cabang distributor semen tiga roda berlokasi di Jl. Yos Sudarso, osmok kupang- NTT didirikan pada tahun 2009. Visi perusahaan adalah menjadi pilihan pertama sebagai partner bisnis dalam bidang pendistribuan bahan-bahan bangunan. Misi perusahaan adalah fokus pada kepuasan pelanggan, memimpin dan tumbuh secara profesional, menjalin jaringan dan hubungan yang efektif, kerja sama dan pembangunan infrastruktur yang terpadu. Secara keseluruhan produk yang di terdiri dari :
1.      Semen abu (pcc)
2.      Semen putih
3.      Acian putih
4.      Semen portland tipe II
5.      Semen portland tipe V

Susunan manajemen perusahaan adalah sebagai berikut :
1.      President Director : Dr. Ir. Frans Bambang Siswanto, MM.
2.      Finance & Accounting Director : Tony Kurniawan Dharmadji, SE.
3.      Sales & Marketing Manager  : Woerjadi Kentoyo, SE., MM.

Sedang tujuan di lakukan audit untuk :
Pertama Menilai strategi perusahaan dalam menghadapi kecenderungan demografis. Kedua menilai bagaimana perusahaan dapat menghadapi persaingan yang ketat antara distributor semen dengan merk yang berbeda. Selanjutnya agar pelanggan memperoleh informasi mengenai perusahaan ini terutama bagi pelanggan.

BAB II

KESIMPULAN AUDIT

Berdasarkan temuan bukti yang kami peroleh selama audit, dapat kami simpulkan sebagai berikut :

Kondisi :
Perkembangan demografis dapat memberikan peluang dan juga ancaman bagi perusahaan. Pengaruh hukum strategi tidak terlalu mempengaruhi strategi dan taktik pemasaran perusahaan ini. Perusahaan mempunyai pesaing dalam bidang distributor semen.Kurangnya informasi mengenai produk perusahaan. Harga semen yang cukup mahal untuk kalangan menengah ke bawah.

Kriteria :
Untuk mengantisipasi terjadinya kecenderungan demografis yang akan terjadi, perusahaan diharapkan dapat memanfaatkan kecenderungan demografis tersebut sebagai perkembangan bagi perusahaan. Strategi yang tegas sangat penting bagi perusahaan guna untuk memajukan dan perkembangan yang pesat bagi perusahaan. Perusahaan harus dapat memberikan informasi bagi setiap pelanggan guna mempermudah pelanggan untuk dapat mengetahui produk yang di salurkan perusahaan.

 Penyebab :
terdapat beberapa penyebab diantaranya; kesiapan perusahaan terhadap kecenderungan demografis yang akan terjadi. Persaingan ketat antara sesama distributor semen lainnya dengan merk yang berbeda. Keterbatasan informasi mengenai perusahaan tersebut

Akibat :
Pelanggan lebih memilih distributor lainnya yang lebih memberikan informasi mengenai produk-produk yang ditawarkan perusahaan tersebut. Penjualan tidak mencapai target.

Pejabat yang bertanggung jawab :
Sales dan marketing manager

DAFTAR RINGKASAN TEMUAN AUDIT
No
Kondisi
Kriteria
Penyebab
Akibat
1
Harga produk
Harga yang terjangkau dapat menyesuaikan dengan keadaan ekonomi
Harga tidak dapat disesuaikan dengan pendapatan masyarakat menengah ke bawah
Penjualan dapat menurun karena harga produk yang tidak dapat disesuaikan dengan kondisi perekonomian masyarakat sekitar
2
Sistem informasi perusahaan kurang memadai
Sistem informasi perusahaan yang memadai menimbulkan informasi produk bisa sampai ke pelanggan dengan cepat.
Karena penjualan menurun sehingga biaya pemasaran dukurangi agar perusahan tidak rugi.
Pelanggan tidak mengetahui informasi yang begitu banyak mengenai produk yang dihasilkan perusahaan
3
Hukum dan strategi perusahaan
Perusahaan menyesuaikan strategi dan taktiknya sesuai dengan perubahan yang terjadi
Adanya kesiapan strategi dan taktik yang dilakukan oleh perusahaan
Perusahaan dapat melihat peluang dan pemasaran dapat mencapai target
4
Perkembagan demografis dapat mempengaruhi perkembangan perusahaan
Untuk mengantisipasi terjadinya kecendrungan demografis yang akan terjadi, perusahaan diharapkan dapat memanfaatkan kecendrungan demografis tersebut sebagai perkembangan bagi perusahaan
Kesiapan perusahaan dengan adanya perkembangan demografis
Perusahaan dapat melihat peluang dan pemasaran untuk dapat mencapai target
5
Persaingan yang dihadapi perusahaan
Perusahaan menjadi distributor semen yang terpercaya bagi masyarakat
Persaingan keta yang dihadapi oleh perusahaan
Pelanggan dapat berpindah ke distributor lainnya

BAB III

Rekomendasi

Hasil audit yang dilakukan menemukan beberapa kelemahan yang harus menjadi perhatian manajemen dimasa yang akan datang. Beberapa diantaranya adalah kurangnya informasi yang diberikan kepada konsumen terhadap produk yang ditawarkan. Kemudian perusahaan tidak dapat menyesuaikan harga di pasar dikarenakan biaya kirim yang mahal. Atas keseluruhan kelemahan yang terjadi, maka diberikan rekomendasi sebagai koreksi atau langkah perbaikan yang bisa diambil manajemen untuk perbaikan yang bisa di ambil untuk memperbaiki kelemahan tersebut.

Rekomendasi :
Perusahaan diharapakan dapat memberikan informasi yang cukup terhadap produk yang ditawarkan, dengan kata lain perusahaan harus meningkatkan sistem pemasarannya dikarenakan masih kurangnya pengetahuan calon konsumen terhadap produk mereka. Disamping itu harga juga sangat menentukan laku atau tidaknya produk yang ditawarkan, jika harga yang ditawarkan lebih tinggi dari harga dipasaran maka produk mereka akan susah bersaing di pasaran. Faktor perekonomian regional juga sangat mempengaruhi dikarenakan wilayah pemasaran mereka masih banyak penduduk yang perekonomiannya menengah kebawah.

BAB IV

Ruang Lingkup Audit


Sesuai dengan penugasan yang kami terima, audit yang kami lakukan hanya meliputi strategi pemasaran oleh Perusahaan Cabang XYZ. Audit kami mencakup penilaian mengetahui dan mengevaluasi sejauh mana penerapan audit manajemen terhadap fungsi strategi pemasaran pada Perusahaan Cabang XYZ.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar