TUGAS PEMERIKSAAN
AKUNTANSI 2
OLEH : MUHAMMAD TAMSIL
F
ORIVONA TALO
3EB14
ANALISIS PEMASARAN PADA
PT XYZ
BAB I
INFORMASI LATAR
BELAKANG
PT.XYZ adalah cabang distributor semen tiga roda berlokasi di
Jl. Yos Sudarso, osmok kupang- NTT didirikan pada tahun 2009. Visi perusahaan
adalah menjadi pilihan pertama sebagai partner bisnis dalam bidang
pendistribuan bahan-bahan bangunan. Misi perusahaan adalah fokus pada kepuasan
pelanggan, memimpin dan tumbuh secara profesional, menjalin jaringan dan
hubungan yang efektif, kerja sama dan pembangunan infrastruktur yang terpadu.
Secara keseluruhan produk yang di terdiri dari :
1. Semen abu (pcc)
2. Semen putih
3. Acian putih
4. Semen portland tipe II
5. Semen portland tipe V
Susunan manajemen perusahaan adalah sebagai berikut :
1. President Director : Dr. Ir. Frans
Bambang Siswanto, MM.
2. Finance & Accounting Director :
Tony Kurniawan Dharmadji, SE.
3. Sales & Marketing Manager : Woerjadi Kentoyo, SE., MM.
Sedang tujuan di lakukan audit untuk :
Pertama Menilai strategi perusahaan dalam menghadapi
kecenderungan demografis. Kedua menilai bagaimana perusahaan dapat menghadapi
persaingan yang ketat antara distributor semen dengan merk yang berbeda.
Selanjutnya agar pelanggan memperoleh informasi mengenai perusahaan ini
terutama bagi pelanggan.
BAB II
KESIMPULAN AUDIT
Berdasarkan temuan bukti yang kami peroleh selama audit,
dapat kami simpulkan sebagai berikut :
Kondisi :
Perkembangan demografis dapat memberikan peluang dan juga
ancaman bagi perusahaan. Pengaruh hukum strategi tidak terlalu mempengaruhi
strategi dan taktik pemasaran perusahaan ini. Perusahaan mempunyai pesaing
dalam bidang distributor semen.Kurangnya informasi mengenai produk perusahaan. Harga
semen yang cukup mahal untuk kalangan menengah ke bawah.
Kriteria :
Untuk mengantisipasi terjadinya kecenderungan demografis yang
akan terjadi, perusahaan diharapkan dapat memanfaatkan kecenderungan demografis
tersebut sebagai perkembangan bagi perusahaan. Strategi yang tegas sangat
penting bagi perusahaan guna untuk memajukan dan perkembangan yang pesat bagi
perusahaan. Perusahaan harus dapat memberikan informasi bagi setiap pelanggan
guna mempermudah pelanggan untuk dapat mengetahui produk yang di salurkan
perusahaan.
Penyebab :
terdapat beberapa penyebab diantaranya; kesiapan perusahaan
terhadap kecenderungan demografis yang akan terjadi. Persaingan ketat antara
sesama distributor semen lainnya dengan merk yang berbeda. Keterbatasan
informasi mengenai perusahaan tersebut
Akibat :
Pelanggan lebih memilih distributor lainnya yang lebih memberikan
informasi mengenai produk-produk yang ditawarkan perusahaan tersebut. Penjualan
tidak mencapai target.
Pejabat yang bertanggung jawab :
Sales dan marketing manager
DAFTAR RINGKASAN TEMUAN
AUDIT
No
|
Kondisi
|
Kriteria
|
Penyebab
|
Akibat
|
1
|
Harga produk
|
Harga yang
terjangkau dapat menyesuaikan dengan keadaan ekonomi
|
Harga tidak dapat
disesuaikan dengan pendapatan masyarakat menengah ke bawah
|
Penjualan dapat
menurun karena harga produk yang tidak dapat disesuaikan dengan kondisi
perekonomian masyarakat sekitar
|
2
|
Sistem informasi
perusahaan kurang memadai
|
Sistem informasi
perusahaan yang memadai menimbulkan informasi produk bisa sampai ke pelanggan
dengan cepat.
|
Karena penjualan
menurun sehingga biaya pemasaran dukurangi agar perusahan tidak rugi.
|
Pelanggan tidak
mengetahui informasi yang begitu banyak mengenai produk yang dihasilkan
perusahaan
|
3
|
Hukum dan strategi
perusahaan
|
Perusahaan
menyesuaikan strategi dan taktiknya sesuai dengan perubahan yang terjadi
|
Adanya kesiapan
strategi dan taktik yang dilakukan oleh perusahaan
|
Perusahaan dapat
melihat peluang dan pemasaran dapat mencapai target
|
4
|
Perkembagan
demografis dapat mempengaruhi perkembangan perusahaan
|
Untuk
mengantisipasi terjadinya kecendrungan demografis yang akan terjadi, perusahaan
diharapkan dapat memanfaatkan kecendrungan demografis tersebut sebagai
perkembangan bagi perusahaan
|
Kesiapan
perusahaan dengan adanya perkembangan demografis
|
Perusahaan dapat
melihat peluang dan pemasaran untuk dapat mencapai target
|
5
|
Persaingan yang
dihadapi perusahaan
|
Perusahaan menjadi
distributor semen yang terpercaya bagi masyarakat
|
Persaingan keta
yang dihadapi oleh perusahaan
|
Pelanggan dapat
berpindah ke distributor lainnya
|
BAB III
Rekomendasi
Hasil audit yang dilakukan menemukan beberapa kelemahan yang
harus menjadi perhatian manajemen dimasa yang akan datang. Beberapa diantaranya
adalah kurangnya informasi yang diberikan kepada konsumen terhadap produk yang
ditawarkan. Kemudian perusahaan tidak dapat menyesuaikan harga di pasar
dikarenakan biaya kirim yang mahal. Atas keseluruhan kelemahan yang terjadi,
maka diberikan rekomendasi sebagai koreksi atau langkah perbaikan yang bisa
diambil manajemen untuk perbaikan yang bisa di ambil untuk memperbaiki
kelemahan tersebut.
Rekomendasi :
Perusahaan diharapakan dapat memberikan informasi yang cukup terhadap
produk yang ditawarkan, dengan kata lain perusahaan harus meningkatkan sistem pemasarannya
dikarenakan masih kurangnya pengetahuan calon konsumen terhadap produk mereka.
Disamping itu harga juga sangat menentukan laku atau tidaknya produk yang
ditawarkan, jika harga yang ditawarkan lebih tinggi dari harga dipasaran maka
produk mereka akan susah bersaing di pasaran. Faktor perekonomian regional juga
sangat mempengaruhi dikarenakan wilayah pemasaran mereka masih banyak penduduk
yang perekonomiannya menengah kebawah.
BAB IV
Ruang Lingkup Audit
Sesuai dengan penugasan yang kami terima, audit yang kami
lakukan hanya meliputi strategi pemasaran oleh Perusahaan Cabang XYZ. Audit
kami mencakup penilaian mengetahui dan mengevaluasi sejauh mana penerapan audit
manajemen terhadap fungsi strategi pemasaran pada Perusahaan Cabang XYZ.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar