Kamis, 14 Mei 2015

ANALISIS PEMASARAN PADA PT XYZ

TUGAS PEMERIKSAAN AKUNTANSI 2
OLEH : MUHAMMAD TAMSIL F
             ORIVONA TALO
3EB14

ANALISIS PEMASARAN PADA PT XYZ

BAB I

INFORMASI LATAR BELAKANG

PT.XYZ adalah cabang distributor semen tiga roda berlokasi di Jl. Yos Sudarso, osmok kupang- NTT didirikan pada tahun 2009. Visi perusahaan adalah menjadi pilihan pertama sebagai partner bisnis dalam bidang pendistribuan bahan-bahan bangunan. Misi perusahaan adalah fokus pada kepuasan pelanggan, memimpin dan tumbuh secara profesional, menjalin jaringan dan hubungan yang efektif, kerja sama dan pembangunan infrastruktur yang terpadu. Secara keseluruhan produk yang di terdiri dari :
1.      Semen abu (pcc)
2.      Semen putih
3.      Acian putih
4.      Semen portland tipe II
5.      Semen portland tipe V

Susunan manajemen perusahaan adalah sebagai berikut :
1.      President Director : Dr. Ir. Frans Bambang Siswanto, MM.
2.      Finance & Accounting Director : Tony Kurniawan Dharmadji, SE.
3.      Sales & Marketing Manager  : Woerjadi Kentoyo, SE., MM.

Sedang tujuan di lakukan audit untuk :
Pertama Menilai strategi perusahaan dalam menghadapi kecenderungan demografis. Kedua menilai bagaimana perusahaan dapat menghadapi persaingan yang ketat antara distributor semen dengan merk yang berbeda. Selanjutnya agar pelanggan memperoleh informasi mengenai perusahaan ini terutama bagi pelanggan.

BAB II

KESIMPULAN AUDIT

Berdasarkan temuan bukti yang kami peroleh selama audit, dapat kami simpulkan sebagai berikut :

Kondisi :
Perkembangan demografis dapat memberikan peluang dan juga ancaman bagi perusahaan. Pengaruh hukum strategi tidak terlalu mempengaruhi strategi dan taktik pemasaran perusahaan ini. Perusahaan mempunyai pesaing dalam bidang distributor semen.Kurangnya informasi mengenai produk perusahaan. Harga semen yang cukup mahal untuk kalangan menengah ke bawah.

Kriteria :
Untuk mengantisipasi terjadinya kecenderungan demografis yang akan terjadi, perusahaan diharapkan dapat memanfaatkan kecenderungan demografis tersebut sebagai perkembangan bagi perusahaan. Strategi yang tegas sangat penting bagi perusahaan guna untuk memajukan dan perkembangan yang pesat bagi perusahaan. Perusahaan harus dapat memberikan informasi bagi setiap pelanggan guna mempermudah pelanggan untuk dapat mengetahui produk yang di salurkan perusahaan.

 Penyebab :
terdapat beberapa penyebab diantaranya; kesiapan perusahaan terhadap kecenderungan demografis yang akan terjadi. Persaingan ketat antara sesama distributor semen lainnya dengan merk yang berbeda. Keterbatasan informasi mengenai perusahaan tersebut

Akibat :
Pelanggan lebih memilih distributor lainnya yang lebih memberikan informasi mengenai produk-produk yang ditawarkan perusahaan tersebut. Penjualan tidak mencapai target.

Pejabat yang bertanggung jawab :
Sales dan marketing manager

DAFTAR RINGKASAN TEMUAN AUDIT
No
Kondisi
Kriteria
Penyebab
Akibat
1
Harga produk
Harga yang terjangkau dapat menyesuaikan dengan keadaan ekonomi
Harga tidak dapat disesuaikan dengan pendapatan masyarakat menengah ke bawah
Penjualan dapat menurun karena harga produk yang tidak dapat disesuaikan dengan kondisi perekonomian masyarakat sekitar
2
Sistem informasi perusahaan kurang memadai
Sistem informasi perusahaan yang memadai menimbulkan informasi produk bisa sampai ke pelanggan dengan cepat.
Karena penjualan menurun sehingga biaya pemasaran dukurangi agar perusahan tidak rugi.
Pelanggan tidak mengetahui informasi yang begitu banyak mengenai produk yang dihasilkan perusahaan
3
Hukum dan strategi perusahaan
Perusahaan menyesuaikan strategi dan taktiknya sesuai dengan perubahan yang terjadi
Adanya kesiapan strategi dan taktik yang dilakukan oleh perusahaan
Perusahaan dapat melihat peluang dan pemasaran dapat mencapai target
4
Perkembagan demografis dapat mempengaruhi perkembangan perusahaan
Untuk mengantisipasi terjadinya kecendrungan demografis yang akan terjadi, perusahaan diharapkan dapat memanfaatkan kecendrungan demografis tersebut sebagai perkembangan bagi perusahaan
Kesiapan perusahaan dengan adanya perkembangan demografis
Perusahaan dapat melihat peluang dan pemasaran untuk dapat mencapai target
5
Persaingan yang dihadapi perusahaan
Perusahaan menjadi distributor semen yang terpercaya bagi masyarakat
Persaingan keta yang dihadapi oleh perusahaan
Pelanggan dapat berpindah ke distributor lainnya

BAB III

Rekomendasi

Hasil audit yang dilakukan menemukan beberapa kelemahan yang harus menjadi perhatian manajemen dimasa yang akan datang. Beberapa diantaranya adalah kurangnya informasi yang diberikan kepada konsumen terhadap produk yang ditawarkan. Kemudian perusahaan tidak dapat menyesuaikan harga di pasar dikarenakan biaya kirim yang mahal. Atas keseluruhan kelemahan yang terjadi, maka diberikan rekomendasi sebagai koreksi atau langkah perbaikan yang bisa diambil manajemen untuk perbaikan yang bisa di ambil untuk memperbaiki kelemahan tersebut.

Rekomendasi :
Perusahaan diharapakan dapat memberikan informasi yang cukup terhadap produk yang ditawarkan, dengan kata lain perusahaan harus meningkatkan sistem pemasarannya dikarenakan masih kurangnya pengetahuan calon konsumen terhadap produk mereka. Disamping itu harga juga sangat menentukan laku atau tidaknya produk yang ditawarkan, jika harga yang ditawarkan lebih tinggi dari harga dipasaran maka produk mereka akan susah bersaing di pasaran. Faktor perekonomian regional juga sangat mempengaruhi dikarenakan wilayah pemasaran mereka masih banyak penduduk yang perekonomiannya menengah kebawah.

BAB IV

Ruang Lingkup Audit


Sesuai dengan penugasan yang kami terima, audit yang kami lakukan hanya meliputi strategi pemasaran oleh Perusahaan Cabang XYZ. Audit kami mencakup penilaian mengetahui dan mengevaluasi sejauh mana penerapan audit manajemen terhadap fungsi strategi pemasaran pada Perusahaan Cabang XYZ.

Selasa, 14 April 2015

SIBUK SIAPA TAKUT!!!

Halo YOTers, kali ini saya mau sharing soal kesibukkan nih. Kenapa? Karena dari penglihatan saya, termasuk teman-teman saya yang ada di kampus mereka itu takut sibuk. Tau gak YOTers hasil dari ketakutan mereka itu? Mereka jadi kurang update masalah dikampus, mereka juga gak kenal siapa-siapa, yang mereka kenal cuman dilingkungan itu saja. Hanya teman sejurusan. Tidak berkembangkan? Sebenarnya notes saya kali ini bukan maksud sombong. Tapi hanya ingin sharing plus minus yang akan kita lakukan jika mau sibuk dan mengurangi waktu leha-leha kita.

YOTers, sibuk disini adalah sibuk yang bermanfaat ya  Sibuk yang menghasilkan. Seperti apa? Ikut event, menjadi panitia, ikut komunitas, melakukan apa pun sesuai passion kita. Tapi dalam kesibukkan kita ini, kita juga harus bisa bagi waktu kita YOTers. Bisa bagi waktu untuk orang lain dan juga diri kita sendiri. Sibukkan diri kita dengan have fun

Misal kita suka banget jadi MC, bisa menyibukkan diri dengan menjadi MC dirapat terus lanjut ke acara kampus di jurusan, bisa jadi MC di acara sekampus lambat laun jadi MC di event yang besar. Semua mulai dari hal kecil dan berusaha. Tapi terkadang orang tidak mau “cape” hanya ingin suksesnya saja. Disini mereka beranggap bahwa sibuk itu “cape” jadi ngapain? Bisa dengan kuliah saja juga bisa sukses. Hmm, ini nih yang harus diubah YOTers. Seperti yang saya bilang tadi, dengan hanya dilingkungan itu saja, kita tidak akan berkembang.

Terus kenapa sih pada gak mau sibuk? Plus minus yang seperti saya bilang apa? Ini nih YOTers:

1. Sibuk itu memang lelah, jika kita tidak bisa mengatur waktu dengan baik. Tapi saat kita sudah   menemukan sesuatu itu dan bisa membagi waktu tidak akan terasa lelah ko. Namanya kita moving from comfort zone, pasti berat lah awalnya. Tapi lambat laun kita akan temukan cara kita sendiri

2. Sibuk itu memakan waktu leha-leha kita, ini nih yang paling ditakutkan anak muda jaman sekarang. Kalau nanti sibuk pulang kampus harus rapat lah, pas hari libur harus ngadain acaranya lah. Toh, namanya juga kita ingin berkembang. Harus begitu YOTers  Jangan hanya stuck ditempat itu saja, kita harus berani meluangkan waktu kita untuk lebih baik. Asalkan semuanya bermanfaat nanti, pasti kita tidak akan merugi ko

3. Sibuk itu mencari peluang. Lho? Ko bisa mencari peluang? Apa hubungannya? Nih YOTers, saat kita sibuk kita banyak kenalan dengan orang, bekerjasama dengan orang baru, mendapat link dan networking. Dengan sibuk kita bisa sharing banyak ko dengan orang lain

Intinya dari notes saya diatas adalah, gak usah takut untuk sibuk YOTers! Dari kesibukkan kita yang bermanfaat itu pasti ada hasilnya ko  Asal jangan lupa atur waktu kalian, bagi untuk kuliah, untuk diri sendiri dan untuk orang lain. Itu saja share saya pada notes ini. Semoga bermanfaat ya YOTers! See you on TOP! 


sumber:  YOT 
ADVERB, ADJECTIVE, COMPARISON DEGREE
1.      Adverb (kata keterangan) : kata keterangan yang digunakan untuk menerangkan kata kerja, kata sifat atau kata keterangan lainnya.

Jenis adverbs:
a.    Adverb of manner
b.   Adverb of degree
c.    Adverb of frequency
d.   Adverb of place
e.    Adverb of time
f.    Interrogative adverb

a.       Adverb of manner : adverb yang menerangkan bagaimana bagaimana sesuatu terjadi atau dilakukan. Adverb of manner menjawab pertanyaan “how”.
contoh:
-          He said that he alwaysdrives fast
-          Students have to walk calmly in the school
-          The toaster will automatically turn off

b.      Adverb of degree : keterangan tingkatan, yaitu adverb yang menerangkan dalam tingkatan bagaimana sesuatu dulakukan. Adverb of frequency menjawab pertanyaan “in what degree” yang biasanya ditempatkan sebelum adjective atau adverb.
contoh:
-          She walks slowly as a turtle (positive)
-          She walk slower than a turtle (comparative)
-          She runs the most slowest in my class (superlative)

c.       Adverb of frequency : keterangan frekuensi, yaitu adverb yang menerangkan tentng sering tidaknya suatu peristiwa terjadi. Adverb of frequency menjawab pertanyaan “how often” yang biasanya ditempatkan sesudah obyek
contoh :
-          I usually wake up at 5 a.m
-          She never sheds tears in front of other people

d.      Adverb of place : keterangna tempat, yaitu adverb yang menerangkan tentang dimana suatu peristiwa terjadi. Adverb of place menjawab pertanyaan “where” atau “what time” adverb of time dapat ditempatkan di depan kalimat atau di akhir kalimat
contoh :
-          The children have recently went home
-          Karina arrives from England today

e.       Adverb of time : keterangan waktu, yaitu adverb yang menerangkan tentang kapan suatu peristiwa terjadi. Adverb of time menjawab pertanyaan “when” atau “ what time”. adverb of time dapat ditempatkan didepan kalimat atau di akhhir kalimat.
contoh :
-          I paid a call my friend in the hospital last week
-          She was poor than
-          He got the birthday surprise party yesterday

f.       Interrogative adverb : kata keterangan penanya, yaitu adverb yang digunakan menanyakan suatu kejadian. adverb ini meliputi kata Tanya :
-          Why are ou crying?
-          Where is my book?
-          How are you?
Fungsi adverbs
a.       Menerangkan kata depan
contoh :
-          Almost inside : hampir di dalam
-          Long before : lama sebelum

b.      Menerangkan kata keterangan lainnya
contoh
-          Very well : dengan sangat bagus
-          Too hard : terlalu keras

c.       Menerangkan kata kerja
contoh :
-          Sleep soundly : tidur pulas
-          Learn carefully : belajar dengan hati-hati

d.      Menerangkan kata sambung
contoh
-          Simply because : hanya karena
-          Shortly when : sesaat ketika

e.       Menerangkan kata sifat
contoh
-          Too easy : terlalu mudah
-          So happy : begitu bahagia


2.      Adjective (kata sifat) : kata yang digunakan untuk  menambahkan arti pada kata benda maupun kata yang menerangkan kata benda / nouns. adjective dapat menerangkan kuantitas, kecukupan urutan, kualitas, maupun penekana suatu kata.
contoh:
-          He was the best of all of us         
-          She is as good as you in math

3.      Comparison degree : tingkat-tingkat perbandingan pada kata sifat (adjective).

comparison dibagi atas 3:
-          Positive degree
contoh:
      Andi runs as fast as Ronaldo
-          Comparative degree
contoh:
      You are more diligent than she
-          Superlative degree
contoh:
      Sarah is the most beautifull lady in my class





sumber:


Page 107, exercise 26
1.      well
2.      intense
3.      brightly
4.      fluent
5.      fluently
6.      smooth
7.      acuurately
8.      bitter
9.      soon
10.  fast
Page 109, exercise 27
1.      terrible
2.      well
3.      good
4.      calmly
5.      sick
6.      uickly
7.      diligently
8.      vehemently
9.      relaxed
10.  noisy
Page 114, exercise 28
1.      than
2.      than
3.      form
4.      than
5.      as
6.      than
7.      as
8.      than
9.      than
10.  form
Page 117, exercise 30
1.      better
2.      happiest
3.      faster
4.      creamiest
5.      more colorfull
6.      better
7.      good
8.      more awakwardly
9.      least
10.  prettier
11.  the better
12.  from
13.  less impressive
14.  the sicker
15.  than
16.  twice as much as
17.  few
18.  much
19.  fasrthest
20.  more famous
Page 118, exercise 31
1.      tweleve stories
2.      languanges
3.      three acts
4.      two days
5.      79 pieces
6.      five shelves
7.      16 ounces
8.      six quarts
9.      ricks
10.  ten speeds
Page 120, exercise 32
1.      people enough
2.      French enough
3.      enough time
4.      fast enough
5.      soon enough
6.      enough early
7.      hard enough
8.      slowly enough
9.      enough flour

10.  books enough